Menuju Sensus Penduduk 2020, BPS Kabupaten Brebes Ajak Dinkominfotik dan Dindukcapil Setempat

Rapat Evaluasi Kegiatan Statistik Sosial dan Substainable Development Goals (SDGs) 2019, di Grand Dian Hotel Brebes, Jumat (18/10). Sumber: Pemkab Brebes.

Kaumanpasar – Menjelang Sensus Penduduk 2020, BPS Kabupaten Brebes menggandeng Dinas Komunikasi , Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) setempat. Kesiapan Dinkominfotik disampaikan dalam rapat Evaluasi Kegiatan Statistik Sosial dan Substainable Development Goals (SDGs) 2019, di Grand Dian Hotel Brebes, Jumat (18/10) lalu.

“Kami akan mendukung penuh. Nantinya akan tertuang perjanjian perjanjian kerjasama (MoU) antara Dinas Kominfotik dan BPS, dengan point utama terkait dengan sosialisasi pada masyarakat.”, tutur Kepala Dinkominfotik Brebes, Johari SH.

Johari juga menambahkan terkait angka kemiskinan Kabupaten Brebes yang menduduki pringkat 33 di Jawa Tengah. “Masih ada penduduk miskin di Brebes lebih kurang 3900 orang atau 17,3 persen dari data yang dirilis BPS Tahun 2018.”, imbuhnya.

Hal tersebut disebabkan belum terselesaikannya penataan aset daerah, jumlah penduduk pada Kabupaten ini yang terbilang padat di posisi kelima se Jawa Tengah turut mempengaruhi ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pada laman resmi Pemkab Brebes, Kepala BPS Kabupaten Brebes, Martin Suanta M.Si. menyampaikan terima kasih kepada Dinkominfotik Brebes karena bersedia melakukan kerjasama dengan pihaknya. Juga kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) untuk pendataan penduduk di Kabupaten Brebes.

Sensus Penduduk 2020

Sensus ini diadakan setiap 10 tahun sekali dan tahun 2020 nanti menjadi sensus yang ke-7. Pelaksanaannya berdasar pada UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Tujuannya untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Rencananya sensus penduduk 2020 nanti akan menggunakan Combined Method (Metode Kombinasi). Metode ini menggabungkan data administrasi Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Ditjen Ducakpil) Kementerian Dalam Negeri dengan pencacahan lapangan, baik melalui pendataan mandiri (Sensus Penduduk Online) maupun door-to-door.

Di web resmi BPS, dipaparkan mengenai tahapan sensus ini. Adapun tahapannya ada 7 yakni Koordinasi dan Konsolidasi, Penyiapan Basis Data Kependudukan, Pendataan Mandiri, Penyusunan Daftar Penduduk, Pemeriksaan Daftar Penduduk, Verifikasi Lapangan, dan Pencacahan Lapangan.

Add Comment