PLN Akan Suplai Listrik Kawasan Industri Brebes

Bupati Tegal menandatangani Deklarasi Sinergi Terangi Negeri. Sumber: Humas Pemprov Jateng.

Kauman – PT PLN (Persero) Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Tegal siap menyuplai kebutuhan listrik Kawasan Industri Brebes (KIB). Hal ini sebagai wujud dukungan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Brebes. Kesanggupan tersebut ditandatangani oleh Manager PT PLN (Persero) UP3 Tegal Moses Allo dalam Deklarasi Sinergi Terangi Negeri pada acara Multi Stakeholder Forum (MSF) 2019 di Pendopo Kabupaten Brebes minggu lalu.

“Kawasan Industri Brebes merupakan proyek stategis nasional. Jadi segala kekuatan dan kemampuan PLN harus dikerahkan sepenuhnya. Bentuk dukungannya, antara lain PLN UP3 Tegal akan membangun Gardu Induk di Desa Lemahabang, Kecamatan Tanjung yang nantinya khusus untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan di Kawasan Industri Brebes.”, ungkap Moses Allo.

Dilansir dari situs Pemkab Brebes, acara ini dihadiri oleh Bupati Brebes Idza Priyanti, S. E., M. H., Ketua DPRD Brebes Muhammad Taufik,   Manager PT PLN (Persero) UP3 Tegal Moses Allo, Perwakilan Polres dan Kodim 0713 Brebes, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, serta tamu undangan lainya.

Dalam sambutan Bupati Brebes, Idza Priyanti menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran PT PLN (Persero) UP3 Tegal yang telah mendukung pemerintah Kabupaten Brebes dalam upaya peningkatan ekonomi maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan listrik.

Sumbang Perekonomian Daerah

Data BPS menunjukan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagian besar berasal dari industri. Dengan adanya kawasan industri ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi Brebes serta mengurangi angka pengangguran.

“Pengaturan lokasi bagi industri untuk masuk kawasan industri akan memberikan banyak manfaat. Pertama, membuat pengaturan rencana tata ruang dan wilayah menjadi lebih baik. Kedua, memudahkan pengawasan pemerintah, khususnya terhadap pencemaran lingkungan oleh pelaku Industri. Ketiga, pengintegrasian infrastruktur pendukung di industri tersebut.”, terang Sanny Iskandar, Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri.

MS Hidayat menyampaikan adanya pembangunan ekonomi di daerah diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, pendapatan per kapita dan pengurangan angka kemiskinan.

Namun menurut Menperin, Airlangga Hartarto pertumbuhan kawasan industri perlu dibarengi dengan pengembangan infrastruktur teknologi digital, seperti jaringan internet 5G. Hal ini dapat menopang akselerasi penerapan industri 4.0 di Indonesia.

Menurut Sanny, pengembangan kawasan industri saat ini harus dilakukan secara profesional. “Untuk itu, konsep kawasan industri ke depannya harus mampu melakukan terobosan yang strategis untuk mampu bersaing di pasar global.

Add Comment