Hari Ibu, Pemkab Brebes Bangkitkan Nilai Luhur Lewat Busana Brebesan

Tampak Bupati Brebes beserta jajarannya dan Ketua PMI setempat memakai busana Brebesan saat menyerahkan penghimpunan Bulan Dana PMI. Penyerahan ini berlangsung seusai pelaksanaan upacara peringatan Hari Ibu. Sumber: Humas Pemkab Brebes.

Brebes – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Brebes tampak memakai busana Brebesan saat menghadiri upacara peringatan Hari Ibu. Dipilihnya pakaian adat ini agar bisa membangkitkan kembali nilai-nilai luhur dalam busana Brebesan. Para pejabat dan karyawan yang memakai pakaian adat tersebut terlihat begitu menawan saat mengikuti upacara di halaman  Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Brebes, Senin (23/12/2019).

Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, S. E., M. H. pun memuji pakaian yang dikenakan para pejabatnya. “Tampak anggun, good will, ternyata Busana Brebesan sangat berkarakter. Nantinya digunakan untuk seragam ASN, sebagaimana yang pemerintah provinsi juga mengenakan baju adat setiap hari Senin,” ujar Idza.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Brebes, Idza Priyanti menjadi inspektur upacara. Peringatan Hari Ibu kali ini terlihat semakin berkarakter dengan hadirnya peserta upacara berbusana adat ala Brebesan.

Pesan Menteri Bintang

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MENPPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menuliskan sejumlah pesan saat memperingati Hari Ibu, 22 Desember kemarin. Ia mengatakan bahwa Hari Ibu merupakan sebuah momentum kebangkitan bangsa. Hari Ibu juga sebagai bukti, perempuan mempunyai andil besar dalam sejarah perjuangan bangsa.

Menteri Bintang pun meminta para pejabat tinggi harus mengakui potensi dan kemampuan perempuan dalam berbagai bidang. Melalui kesempatan tersebut diharapkan perempuan bisa menjadi motor penggerak dan agen perubahan (agent of change).

Pengakuan terhadap eksistensi perempuan bisa menjadi suatu dorongan dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Hari Ibu tahun 2019 ini juga menjadi awal menuju perempuan yang berdaya. Tema yang dipilih untuk peringatan Hari Ibu kali ini pun adalah “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

Ia pun meminta perempuan Indonesia harus mau maju,  mampu  menjadi  sosok  yang  mandiri, kreatif,  inovatif, dan percaya  diri. Menteri Bintang meyakini bahwa rasa persatuan dan kesatuan dalam gerak perempuan mampu menjadikan mereka lebih berdaya.

Add Comment