Kawasan Industri Brebes Diprediksi Pacu Pertumbuhan Ekonomi di Brebes

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat mengunjungi KIB. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

Kauman, Brebes – Setelah menetapkan lokasi dan menyiapkan luas lahan Kawasan Industri Brebes (KIB), Bupati Brebes Idza Priyanti optimis bahwa kawasan tersebut nantinya bisa memacu tumbuhnya perekonomian di Brebes. Pertumbuhan ekonomi yang tadinya hanya 0,5 persen per tahun, diprediksi akan melonjak hingga 7 persen per tahun.

“Yang lebih penting juga adanya penyerapan pengangguran di Brebes yang saat ini mencapai 8,47 persen,” kata Idza.

Berdasarkan keterangan bupati, sesuai Perda RTRW yang disahkan, lokasi KIB meliputi tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Bulakamba, Tanjung, dan Losari. Sedangkan untuk kawasan peruntukan industri yakni di Kecamatan Bulakamba, Tanjung, Ketanggungan, dan Kersana. Total lahan yang telah disiapkan untuk KIB dan kawasan peruntukan industri ini mencapai 5.608 hektar.

Peluang ini, kata Idza, tentunya datang bersamaan dengan tantangan, yang harus disikapi dengan berbagai langkah strategis, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat Brebes. Untuk itu, setidaknya ada 14 item yang harus digarap saat ini hingga 2024, di antaranya: kesiapan lahan, tenaga kerja, energi kelistrikan, telekomunikasi, sanitasi, jaringan transportasi, perumahan pemukiman, pembuangan sampah, kebutuhan air baku, dan lain-lain.

“Ini perintah langsung Pak Presiden Jokowi, menjadikan Brebes sebagai kawasan industri baru, guna mendorong tumbuhnya investasi dan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” urai Idza.

Menurutnya, beberapa hal yang akan dibangun untuk mendukung KIB antara lain dengan merampungkan Jalingkut, Fly Over Pejagan, Pelabuhan Tegal, jalur kereta api ke pelabuhan, ketercukupan rumah hunian pekerja, bendungan karet Pemali, bendungan karet Babakan, normalisasi waduk Malahayu, pembuatan waduk Bantarkawung, distribusi pipa gas Cirebon-Semarang, gardu induk listrik Ketanggungan, PLTGU Batang, Terminal Agro Pemalang, Obyek Wisata Guci, akses jalan tol, dan lain sebagainya.

Ada 39 Perusahaan Terdaftar di KIB

Sebanyak 39 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor usaha mendaftar sebagai penghuni KIB. Puluhan industri berskala nasional dan internasional tersebut tertarik mendirikan pabrik di kawasan tersebut karena Brebes merupakan daerah strategis dan memiliki beragam kawasan.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat mengunjungi KIB pada awal November lalu mengatakan bahwa pihak pemprov siap memberikan fasilitas antara investor dengan Pemkab Brebes, sehingga pelaksanaan pembangunan bisa berjalan cepat. “Kami akan terus mendorong percepatan pembangunan KIB supaya dapat menarik investor sebanyak-banyaknya,” jelas wagub, dikutip dari laman Pemprov Jateng.

Diterangkan wagub, keberadaan KIB sebagai proyek strategis nasional ini diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat, dengan membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya, terutama warga Brebes dan sekitarnya.

Saat mengunjungi KIB, wagub sempat berdialog dengan para karyawan. Wagub menangkap sinyal bahwa mereka betah dan senang bekerja di perusahaan tersebut. Rata-rata karyawan di sana sudah bekerja lebih dari dua tahun, dan gaji yang diterima pun sesuai UMK, bahkan menerima tambahan uang lembur. “Para karyawan tidak dibatasi mau lembur atau tidak. Bagi yang sudah selesai diperbolehkan pulang atau memilih lembur, yang penting target sudah terpenuhi,” urai Yasin.

Add Comment