Ranto Canyon, Surga di Sisi Selatan Brebes

Seorang pengunjung tengah menikmati segarnya Air Terjun Ranto Canyon yang ada di Desa Windusari, Salem, Kabupaten Brebes. Sumber: instagram.com/ranto_canyon.

Salem – Tahun 2019 akan segera usai, libur panjang pun sudah ada di depan mata. Namun wacana berlibur dengan kerabat belum juga terlaksana. Kabupaten Brebes punya tempat wisata yang asik untuk kalian pecinta petualangan. Wisata tersebut ialah Air Terjun Ranto Canyon.

Wisata alam ini menyuguhkan tebing-tebing terjal yang menyatu dengan hijaunya alam bumi pertiwi. Terletak di lereng pegunungan selatan Brebes membuat pemandangan wisata ini bukan kaleng-kaleng. Kalian akan ditawarkan panorama air terjun dan kawasan pemandian yang siap menguji adrenalin.

Keindahan tanah Brebes juga diakui oleh mantan Menteri Pariwisata, Arief Yahya. “Kota yang terkenal sebagai penghasil telur asin dan bawang merah ini memiliki alam dan lanskap yang begitu mempesona. Kreativitas warganya untuk memberikan warna tersendiri pada setiap destinasi, juga menjadikan Brebes sebagai salah satu tujuan wisata alternatif di wilayah Pantai Utara Jawa,” pujinya yang juga Mantan Dirut Telkom, dikutip dari salah satu portal media yang mengulas pariwisata.

Waktu yang ditempuh untuk mencapai objek wisata ini kurang lebih 2,5 jam dari Kota Brebes. Dari arah kota, kalian harus mengambil rute ke Desa Windusari, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Di Desa Windusari inilah, air terjun cantik tersebut berada. Sampai Desa Windusari, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 750 meter.

Saat trekking inilah, kalian harus menyewa pemandu wisata agar tidak tersesat. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 30.000 rupiah, anda sudah bisa menikmati wisata alam ini dengan aman karena nantinya akan mendapatkan perlengkapan safety berupa helm dan pelampung.

Wisata yang Ditawarkan

Dilansir dari beberapa media, Air Terjun Ranto Canyon sendiri setinggi 25 meter. Bisa dibayangkan secantik dan semenantang apa wisata alam Brebes ini. Ditambah beberapa wisata seperti kebun teh, air terjun dan gua yang berada satu kawasan dengan air terjun ini ikut menambah keindahan alam Kabupaten Brebes.

Sebelum sampai ke titik lokasi air terjun, pemandu akan mengajak kita menyusuri sungai. Sungai ini masih satu aliran dengan Sungai Windusari yang masih satu daerah dengan objek wisata ini. Gemercik suara air berjatuhan beradu dengan sejuknya pemandangan menjadi solusi menghilangkan penatnya aktivitas di perkotaan.

Nah ketika berkunjung ke Ranto Canyon, kalian wajib mencoba menuruni bebatuan yang tingginya mencapai 10 meter. Batu yang licin dengan tali yang menjadi pegangan tentu akan memicu jiwa adrenalin kalian.

Wisata ini juga dilengkapi dengan spot foto yang cocok untuk menambah feed instagram kalian. Bisa berfoto saat menuruni bebatuan, bisa pula saat kalian melakukan snorkeling di bawah air terjun atau bisa juga foto dengan latar pemandangan hijau pegunungan. Tentu ini akan menjadi foto yang apik dan juga pengalaman yang tak terlupakan.

Add Comment