Desa Sisalam Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila Pertama Brebes

Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila di Balai Desa Sisalam, Kecamatan Wanasari, Selasa (5/4/2022). BREBESKAB

Desa Sisalam yang berada di Kecamatan Wanasari ditetapkan sebagai Kampung Pancasila pertama di Kabupaten Brebes. Penetapan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti di Balai Desa Sisalam, pada Selasa (5/4/2022) dengan mengadakan pemukulan gong dan penandatangan prasasti.

Idza menerangkan, penetapan Kampung Pancasila pertama di Kabupaten Brebes dimaksudkan agar masyarakat Desa Sisalam mampu meningkatkan kecintaan terhadap tanah air, menjunjung tinggi norma dan sikap toleransi antar warga, dan juga menciptakan lingkungan positif dalam kehidupan bermasyarakat.

Keberadaan Kampung Pancasila ini juga sebagai tonggak persatuan warga dalam implementasi nilai-nilai pancasila dan budaya bangsa, seperti pada kegiatan gotong royong, kebersamaan dalam persatuan, menciptakan masyarakat yang saling tolong menolong, serta bersatu dalam menjaga lingkungan sosial dan sekitarnya.

Berdirinya kampung pancasila di Desa Sisalam sendiri diprakarsai oleh Dandim 0713/Brebes. Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan yang menjabat sebagai Dandim 0713/ Brebes menerangkan tujuan pencanangan Kampung Pancasila ini akan menargetkan anak-anak muda (milenial) supaya mereka memiliki kepribadian Pancasilais.

Kepribadian Pancasilais diartikan sebagai kepribadian yang mewujudkan nilai-nilai budaya bangsa yang diyakini kebenaran dan kebaikannya. Nilai-nilai tersebut diwujudkan dalam sikap mental dan tingkah laku serta amal perbuatan.

Pencanangan ini nantinya akan diimplementasikan dalam bentuk lomba-lomba kekinian, seperti lomba mural, lomba karya tulis jurnalistik, dan juga berbagai perlombaan dengan tema Pancasila.

Zaenal Arifin Selaku Kepala Desa Sisalam sangat senang dengan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Sisalam ini, ia berjanji akan mengangkat seluruh potensi Desa Sisalam agar bisa menjadi kampung yang benar-benar Pancasilais.

Idza Priyanti menuturkan penetapan Desa Sisalam sebagai Kampung Pancasila merupakan langkah awal untuk membentuk Kampung Pancasila lainnya, karena nantinya akan ada 292 desa dan 5 kelurahan di Kabupaten Brebes yang akan ditargetkan sebagai Kampung Pancasila setelah Desa Sisalam. “Semua desa dan kelurahan, di Kabupaten Brebes akan menjadi Kampung Pancasila,” ujar Idza.

Idza juga sudah berkoordinasi dengan Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan untuk mengajak Pemkab dan seluruh masyarakat adat Kampung Pancasila bisa tumbuh dan menyebar ke seluruh wilayah di Kabupaten Brebes.

Sehingga dasar negara Pancasila bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti bergotong royong, mampu menjaga kesatuan, menjaga adanya radikalisme, memupuk toleransi dan selalu semangat dalam bergotong-royong dalam membangun Kabupaten Brebes.

Kegiatan pendeklarasian Desa Sisalam sebagai Kampung Pancasila yang dihadiri langsung oleh Idza Priyanti ini diawali dengan menampilkan pertunjukkan Tari Bang Ceng Ceng karya Asmorotedjo yang dipentaskan Group Tari Wajik (Kawula Enerjik). Tari Bang Ceng Ceng mengandung misi kehidupan ber-Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila sebagai dasar negara.

Sumber: https://brebeskab.go.id/index.php/content/1/desa-sisalam-kampung-pancasila-pertama-di-brebes

Add Comment