Presiden Jokowi Resmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal

Peresmian jalan lingkar Brebes-Tegal oleh Presiden Joko Widodo. BREBESKAB

Proyek jalan lingkar Brebes-Tegal yang sudah dimulai sejak Desember 2019 akhirnya rampung dan telah diresmikan presiden Joko Widodo pada Rabu, (13/04/2022). Peresmian jalan lingkar Brebes-Tegal ini berlangsung di Jembatan Kaligangsa, Kabupaten Brebes.

Prosesi peresmian juga dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Brebes Idza Priyanti, dan juga Wakil Bupati Brebes Narjo.

Jalan lingkar yang panjangnya mencapai 17,4 kilometer ini hadir sebagai pelengkap struktur jaringan nasional di wilayah pantai utara Jawa (Pantura) dan juga melengkapi jaringan jalan tol Trans-Jawa.

Kepadatan lalu lintas Kota Brebes dan Tegal yang sangat tinggi membuat kehadiran jalan lingkar Brebes-Tegal ini dinilai penting. Presiden mengatakan dengan adanya jalan lingkar ini, beban lalu lintas jalan Pantura akan berkurang sebanyak 48 persen.

Tak hanya itu, adanya jalan lingkar Brebes-Tegal juga akan berfungsi sebagai konektivitas serta membantu kelancaran arus lalu lintas di wilayah Brebes dan Tegal.

“Kita tahu kepadatan lalu lintas Kota Brebes dan Tegal sangat tinggi, sejak dulu lalu lintas sangat padat, terutama menjelang mudik Lebaran dan Tahun Baru serta hari-hari libur lainnya,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Kepadatan lalu lintas jalur Pantura, apalagi jika menjelang mudik lebaran membuat keberadaan jalur lingkar Brebes-Tegal ini menjadi penting, karena jalur ini akan menjadi alternatif bagi para pemudik dalam berkendara, agar lebih lancar dan menghindari kemacetan.

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jalan Lingkar Brebes-Tegal ini menghabiskan dana hingga Rp224 miliar. Dibangun dengan dua jalur selebar 7,5 meter dan dilengkapi dengan delapan jembatan, lima jembatan berada di wilayah Brebes dan tiga jembatan di wilayah Tegal.

Dalam persemiannya, Bupati Brebes Idza Priyanti menyampaikan ucapan terimakasih pada Presiden RI atas kehadirannya di Kabupaten Brebes. “Ini adalah kebanggan bagi Kabupaten Brebes, dimana Bapak Jokowi hadir secara langsung, menyapa masyarakat, memberikan bantuan dan tentunya meresmikan jalan lingkar Brebes-Tegal.”

Idza juga menyampaikan keberadaan jalan lingkar ini akan sangat membantu memperlancar jalur transportasi, karena tingginya jumlah kendaraan yang melintas. Idza berharap nantinya jalan lingkar Brebes-Tegal ini bisa ditingkatkan menjadi jalan 4 jalur agar bisa menampung lebih banyak kendaraan yang melintas.

Add Comment